Jumat, 16 September 2011

kerusakan lingkungan


Kerusakan lingkungan

                Salah satu dampak meningkatnya populasi manusia adalah terjadinya penebangan hutan.Hutan adalah suatu ekosistem yang didominasi oleh pepohonan.Hutan merupakan ekosistem yang kompleks.Bagi tumbuhan hutan mrupakan habitat.Bagi hewan,fungsi hutan juga sebagai habitat,tempat mencari makan dan tempat berlindung.Hutan juga penting bagi kehidupan manusia. Hutan merupakan sumber daya alam yang penting bagi manusia karena menghasilkan berbagai produk,misalnya kayu dan rotan.Hutan juga menghasilkan oksigen,menyerap polutan,mencegah erosi dan banjir,memelihara keseimbangan siklus air,dan kestabilan iklim.
                Karena fungsinya sangat penting,hutan harus dilestarikan.Pelestarian hutan dapat dilakukan dengan menjadikan hutan alami sebagai kawasan konservasi,membuat tanaman hutan raya, melakukan penghijauan dan reboisasi.
                Teknologi dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.Sebaliknya,teknologi juga dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan,misalnya polusi.Sebenarnya polusi sudah ada sejak abad kedelapan belas.Namun,pada saat itu pencemaran belum menjadi perhatian manusia. Kasus pencemaran lingkungan yang mendapat perhatiaan dunia terjadi pada tahun 1953 di Teluk Minamata,Jepang.Pabrik kimia Chisso membuang limbah yang mengandung merkurium organik maupun anorganik.Akibatnya,ratusan nelayan dan keluarganya yang memakan ikan keracunan dan puluhan meninggal dunia.
                Kemudian lahir lah penyakit yang disebut penyakit minamata,dengan gejala-gejala antara lain ataksia,yaitu kehilangan kendali atas fungsi tubuh;perasaan baal,yaitu mati rasa terhadap bagian kaki dan tangan;otot-otot menjadi lemah;sulit mendengar dan sulit berbicara;jarak pandang lebih pendek daripada normal.

2 komentar:

  1. trims ya kakak informasinya..
    Tp bisa tidak di beri informasi daerah mana saja yang sudah mengalami kerusakan alam yang paling parah..khusus nya di Indonesia..

    BalasHapus
  2. info ok, tp dampak kerusakan lingkungan lebih jelas lagi ke manusia belum terlalu detail.

    BalasHapus